Membagi Informasi mengenai Aneka Gadget, Tips, dan Trik Kerennya

Thursday, December 29, 2016

Trik Jitu!! Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tidak Cepat Habis..

Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tidak Cepat Habis - Smartphone android dapat dikatan sebagai ponsel dengan fasilitas terbaik. Pasalnya smartphone android telah dibekali dengan berbagai fitur canggih yang dapat mempermudah user dalam melakukan aktifitas. Smartphone anndroid dikenal kaya untuk support aplikasi, sehingga banyak aplikasi-aplikasi yang dapat didownload pada smartphone android. Hal tersebut berakibat daya tahn baterai tidak tahan lama. 

cara agar baterai android awet

Alasan dari mengapa ketika aplikasi dijalankan dengan jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan dapat menyebabkan baterai cepat habis adalah suatu hal yang membuat hardware harus bekerja lebih keras untuk mengolah serta memenuhi kebutuhan pemrosesan data, selain itu pada bagian layar akan mempengaruhi juga tingkat ketahanan daya baterai. Semakin lebar layar dan semakin cerah tingkat pencahayaan maka akan membuat baterai cepat boros. 

Faktor lain yang menyebabkan baterai cepat habis adalah memainkan game dengan kapasitas yang besar, menggunakan internet, atau memutar video. Hal tersebut dapat diatasi dengan membeli posel yang memiliki kapasitas baterai super besar. Sayanya ponsel dengan kapasitas baterai besar masih dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. 

Maka user harus pandai dalam mengatasi boros baterai. Nah berikut ini Gadget Impianku akan memberikan informasi yang berkaitan dengan ketahan baterai smartphone android. Nah berikut ini merupakan cara agar baterai android awet dan tidak mudah habis. Langsung saja simak informasinya berikut ini.. 

Baca Juga : 


Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tidah Cepat Habis 


Turunkan Tingkat Pencahayaan Layar

cara agar baterai android awet root

Salah satu cara menghemat daya baterai adalah dengan mengatur tingkat kecerahan cahaya pada layar, cara ini merupakan cara yang efektif untuk membuat baterai tidak cepat habis ketika digunakan. Ini disebabkan jika semakin terang cahaya layar yang digunakan maka akan semakin besar pula energi yang digunakan untuk menyalakan layar tersebut, 

Selain itu pada resolusi layar juga sangat berpengaruh pada seberapa banyak daya yang nantinya dibutuhkan, jika semakin tinggi resolusi layar seperti HD atau Quad HD, maka semakin besar daya yang dipakan dan pastinya baterai smartphone android tersebut akan mudah habis. Oleh sebab itu kita perlu mengatur pencahayaan yang tepat agar kita juga nyaman dan smartphone yang kita gunakan juga tidak mudah habis, biasanya untuk settingan nyaman bisa menuju settingan manual pencahayaan.

Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Cara selanjutnya cara agar baterai Android tetap awet adalah dengan cara mematikan aplikasi yang tidak terpakai pada background processor. Caranya cukup mudah, sobat tinggal masuk ke menu setting lalu pilih Apps, selanjutnya ke running service, dan tinggal memilih mana aplikasi yang tidak terpakai. Rata-rata aplkasi yang menguras daya baterai sangat besar adalah aplikasi social media dan chating, jadi lebih baik matikan  atau disable saja aplikasinya tidak dipakai.

Tentu saja akan menguras sekali energi yang ada pada baterai smartphone tersebut, cara menonutup aplikasi tersebut sangat mudah ya teman-teman. Kita tinggak ke menutup aplikasi tersebut secara biasa dengan menekan tombol exit pada smartphone android, atau jika aplikasi tersebut tidak dapat tertutup dan juga tersembunyi pada background smartphone, maka kita menuju ke menu setting selanjutnya pilih apps dan disitu kita pilih running service, disitu akan kelihatan mana aplikasi yang berjalan dan disitulah kita dapat menutup aplikasi yang tidak terpakai dengan mudah.

Hindari Live Wallpaper

cara agar baterai android awet dan tahan lama

Tujuan dari live wallpaper adalah untuk memperindah tampilan pada smartphone yang dipasang live wallpaper tersebut, namun jangan salah selain dilain pihak live wallpaper juga sangat menyedot daya baterai smartphone yang menggunakan live wallpaper tersebut. Untuk terhindar dari yang namanya baterai cepat habis maka kita perlu menghindari pemakaian live wallpaper pada smartphone kita.

Alangkah bagusnya jika kita menggunakan gambar yang biasa saja untuk dijadikan wallpaper, disarankan sekali untuk penggunan ekstensi gambar dengan format png dan jpg, dan sebaiknya jangan gunakan gambar apapun dengan ekstensi format gif. Jika kita memakai gambar dengan ukuran yang simple dan gambar yang jelas, maka juga akan mempermudah penggunaan hp smartphone android tersebut.


Jangan Aktifkan Notifikasi (Pemberitahuan)

Langkah selanjutnya dalam mengoptimalkan hemat baterai adalah dengan menonaktifkan atau mematikan notifikasi. Ini disebabkan karena beberapa notifikasi yang tidak penting dari aplikasi ataupun game yang biasanya terhubung dengan internet dal hal tersebut akan memakan banyak daya baterai secara signifikan dan jika dibiarkan sangat tidak bagus bagi kelangsungan baterai tersebut.

Nah untuk menonaktifkan fungsi notifikasi sangat mudah, kita perlu menuju pengaturan atau menu setting lalu kita menuju Apps, pada tampilan tersebut akan muncul daftar aplikasi serta game yang terinstall pada smartphone android anda, kemudian pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan notifikasinya. 

Matikan WiFi

Cara agar baterai Android Awet dan tidak cepat habis selanjutnya  adalah dengan cara mematikan konektivitas Wi-Fi disaat sobat berada diluar ruangan, dan lebih memilih memakai jaringan 3G ataupun 4G LTE. Cara ini sangat penting, karena smartphone Android akan terus mencari sinyal wifi terdekat, sehingga otomatis akan terus mengurangi daya baterai cukup besar. Namun disaat memungkinan memakai jaringan Wi-Fi  lebih baik sobat memakainya, karena konsumsi daya baterianya lebih irit dibandingkan memakai jaringan 4G atau 3G.


Nah demikian cara agar baterai android awet dan tidak cepat habis. Jadi kalian bisa terapkan cara-cara diatas agar smartphone kalian tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan. Oke sekian informasi pada hari ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.. 


0 comments:

Post a Comment

>> AREA KOMENTAR POSITIF <<
Tulis dong komentar positifmu mengenai Artikel di atas :).